Menggunakan
procedure(mencetak karakter a-z satu warna dan berwarna)
Procedure
merupakan suatu alat bantu yang sangat berguna. Dengan procedure suatu program
yang besar bisa diselesaikan dengan lebih mudah. Proses pencarian kesalahanpun
akan lebih mudah bila digunakan procedure.
Model Procedure
"NamaP" adalah nama dari procedure
yang kita definisikan sendiri. Untuk memudahkan nama untuk procedure bisa anda
definisikan sesuai dengan fungsi dari procedure tersebut, seperti CLS untuk
procedure yang tugasnya menghapus layar.
Dibelakang kata "PROC" anda harus
memilih bentuk dari procedure tersebut, yaitu "NEAR" atau
"FAR". Bentuk "NEAR" digunakan jika procedure tersebut
nantinya dipanggil oleh program yang letaknya masih satu segment dari procedure
tersebut. Pada program COM yang terdiri atas satu segment, kita akan selalu
menggunakan bentuk "NEAR". Sebaliknya bentuk "FAR" ini
digunakan bila procedure dapat dipanggil dari segment lain. Bentuk ini akan
kita gunakan pada program EXE.
Perintah "RET(Return)" digunakan untuk mengembalikan
Kontrol program pada sipemanggil procedure. Pada bentuk NEAR perintah RET ini
akan memPOP atau mengambil register IP dari stack sebagai alamat loncatan
menuju program pemanggil procedure. Sedangkan pada bentuk "FAR" perintah
RET akan mengambil register IP dan CS dari stack sebagai alamat loncatan menuju
program pemanggil procedure. Alamat kembali untuk procedure disimpan pada stack
pada saat procedure tersebut dipanggil dengan perintah "CALL", dengan
syntax:
CALL NamaP
Perintah Call ini akan menyimpan register IP saja bila procedure
yang dipanggil berbentuk "NEAR". Bila procedure yang dipanggil
berbentuk "FAR", maka perintah "CALL" akan menyimpan
register CS dan IP.
MENGGUNAKAN PROCEDURE
Sebagai contoh dari pemakaian procedure akan
kita lihat pada program mencetak karakter dengan procedure. Berikut contoh
programnya.
;~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~;
; PROGRAM : PROC_KAR.ASM ;
; FUNGSI : MENCETAK KARATER ;
; DENGAN PROCEDURE ;
; ;
;==========================S’to=;
.MODEL SMALL
.CODE
ORG 100h
Proses : CALL Cetak_Kar………. ; Panggil Cetak_Kar
INT 20h
Cetak_Kar PROC NEAR
MOV AH,02h
MOV DL,'S'
INT 21h…………………… ; Cetak
karakter
RET………………… ; Kembali
kepada si pemanggil
Cetak_Kar ENDP………………………………. ; END Procedures
END Proses
Kita
akan coba membuat karakter huruf S. Berikut ini langkah-langkahnya untuk
membuat karakter huruf A menggunakan procedure.
Buka Tasm 1.4, lalu ketikan
cd\ (enter)
cd 1ca\asm
(enter)
Tambahkan edit.
Edit (enter)
Kemudian akan muncul tampilan layar berwarna biru.
Pada layar bitu ketikan seperti berikut.
.MODEL SMALL
.CODE
ORG 100h
Proses : CALL Cetak_Kar
INT 20h
Cetak_Kar PROC NEAR
MOV AH,02h
MOV DL,'A'
INT 21h
RET
Cetak_Kar ENDP
END Proses
Simpan ketikan tersebut dengan nama sesuai keinginan kita dengan
program .ASM. Saya menyimpannya
dengan nama procedur.asm.
Kemudian jalankan program tersebut dengan Tasm dan cetak dengan Tlink
tlink/t procedur(enter)
procedur (enter )
Setelah program
dijalankan, maka pada layar akan ditampilkan huruf "A".
Mencetak Karakter A-Z Satu Warna menggunakan
Procedure.
Kita
juga akan mencoba membuat program Mencetak Karakter A-Z Satu Warna menggunakan
Procedure.
Berikut contoh programnya
Berikut contoh programnya
Setelah melakukan langkah di atas, simpan
program dengan nama PRO1.ASM. Kemudian cek menggunakan TASM dan
cetak menggunakan TLINK.
Mencetak
Karakter A-Z Berwarna menggunakan Procedure
Selanjutnya kita buat lagi program Mencetak
Karakter A-Z Berwarna menggunakan Procedure.
Setelah melakukan langkah di atas, kemudian simpan program
dengan nama PRO2.ASM. Lalu cek menggunakan TASM dan cetak
menggunakan TLINK. Maka hasilnya seperti berikut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar