Kamis, 27 November 2014

Bahasa Rakitan: Menggunakan Procedure(Mencetak Karakter A-Z Satu Warna dan Berwarna)



Menggunakan procedure(mencetak karakter a-z satu warna dan berwarna)

Procedure merupakan suatu alat bantu yang sangat berguna. Dengan procedure suatu program yang besar bisa diselesaikan dengan lebih mudah. Proses pencarian kesalahanpun akan lebih mudah bila digunakan procedure.
 Model Procedure
"NamaP" adalah nama dari procedure yang kita definisikan sendiri. Untuk memudahkan nama untuk procedure bisa anda definisikan sesuai dengan fungsi dari procedure tersebut, seperti CLS untuk procedure yang tugasnya menghapus layar.
Dibelakang kata "PROC" anda harus memilih bentuk dari procedure tersebut, yaitu "NEAR" atau "FAR". Bentuk "NEAR" digunakan jika procedure tersebut nantinya dipanggil oleh program yang letaknya masih satu segment dari procedure tersebut. Pada program COM yang terdiri atas satu segment, kita akan selalu menggunakan bentuk "NEAR". Sebaliknya bentuk "FAR" ini digunakan bila procedure dapat dipanggil dari segment lain. Bentuk ini akan kita gunakan pada program EXE.
Perintah "RET(Return)" digunakan untuk mengembalikan Kontrol program pada sipemanggil procedure. Pada bentuk NEAR perintah RET ini akan memPOP atau mengambil register IP dari stack sebagai alamat loncatan menuju program pemanggil procedure. Sedangkan pada bentuk "FAR" perintah RET akan mengambil register IP dan CS dari stack sebagai alamat loncatan menuju program pemanggil procedure. Alamat kembali untuk procedure disimpan pada stack pada saat procedure tersebut dipanggil dengan perintah "CALL", dengan syntax:
                                                                  CALL NamaP           
Perintah Call ini akan menyimpan register IP saja bila procedure yang dipanggil berbentuk "NEAR". Bila procedure yang dipanggil berbentuk "FAR", maka perintah "CALL" akan menyimpan register CS dan IP.

MENGGUNAKAN PROCEDURE
Sebagai contoh dari pemakaian procedure akan kita lihat pada program mencetak karakter dengan procedure. Berikut contoh programnya.
;~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~;
; PROGRAM : PROC_KAR.ASM ;
; FUNGSI : MENCETAK KARATER ;
; DENGAN PROCEDURE ;
; ;                                      
;==========================S’to=;
.MODEL SMALL
.CODE
ORG 100h       
Proses : CALL Cetak_Kar………. ; Panggil Cetak_Kar
  INT 20h
Cetak_Kar PROC NEAR
MOV AH,02h
MOV DL,'S'
INT 21h…………………… ; Cetak karakter
RET………………… ; Kembali kepada si pemanggil
Cetak_Kar ENDP………………………………. ; END Procedures
END    Proses

Kita akan coba membuat karakter huruf S. Berikut ini langkah-langkahnya untuk membuat karakter huruf A menggunakan procedure.
Buka Tasm 1.4, lalu ketikan
       cd\  (enter)
      cd 1ca\asm (enter)


Tambahkan  edit.
   Edit (enter)

Kemudian akan muncul tampilan layar berwarna biru.
Pada layar bitu ketikan seperti berikut.
.MODEL SMALL
.CODE
ORG 100h       
Proses : CALL Cetak_Kar
  INT 20h
Cetak_Kar PROC NEAR
MOV AH,02h
MOV DL,'A'
INT 21h
RET
Cetak_Kar ENDP
END    Proses


Simpan ketikan tersebut dengan nama sesuai keinginan kita dengan program .ASM. Saya menyimpannya dengan nama procedur.asm.
Kemudian jalankan program tersebut dengan Tasm dan cetak dengan  Tlink
       tlink/t procedur(enter)   
       procedur (enter )
Setelah program dijalankan, maka pada layar akan ditampilkan huruf "A".
Mencetak Karakter A-Z Satu Warna menggunakan Procedure.

Kita juga akan mencoba membuat program Mencetak Karakter A-Z Satu Warna menggunakan Procedure.
Berikut contoh programnya
Setelah melakukan langkah di atas, simpan program dengan nama PRO1.ASM. Kemudian cek menggunakan TASM dan cetak menggunakan TLINK. 

Mencetak Karakter A-Z Berwarna menggunakan Procedure

    Selanjutnya kita buat lagi program Mencetak Karakter A-Z Berwarna menggunakan Procedure.

Setelah melakukan langkah di atas, kemudian simpan program dengan nama PRO2.ASM. Lalu cek menggunakan TASM dan cetak menggunakan TLINK. Maka hasilnya seperti berikut.

  Selesaiiiiiiiiiiiiiii......................................

Tidak ada komentar: