Kamis, 27 November 2014

Bahasa Rakitan: Menggunakan Program Rontok dalam Assembly



MEMBUAT PROGRAM RONTOK


Pada bagian ini akan kita lihat, bagaimana caranya menggeser tulisan dengan mengakses memory layar secara langsung dengan program rontok.
Program rontok adalah program yang akan membersihkan layar dengan cara menjatuhkan atau merontokkan huruf pada layar satu persatu.

Adapun penjelasan programnya adalah:
Delay MACRO
PUSH CX
XOR CX,CX
Loop1:        
LOOP Loop1
POP CX
ENDM

Macro ini digunakan untuk menunda program. Dengan menolkan CX, maka looping yang akan didapatkan menjadi FFFFh kali, karena pengurangan 0 dengan 1 akan akan menghasilkan nilai -1 atau FFFFh.
Geser MACRO PosY
PUSH AX
PUSH BX
PUSH CX

Pada macro inilah nantinya huruf-huruf pada layar akan digeser. Untuk itu simpanlah semua register yang digunakan oleh macro ini karena pada program utama, register-register juga digunakan.
XOR CX,CX          
MOV AL,26
SUB AL,PosY
MOV CL,AL

Ini adalah bagian dari macro geser yang akan menghitung banyaknya pergeseran kebawah yang akan dilakukan, dengan melihat posisi dari huruf yang digeser pada variabel "PosY".
Loop2:
MOV AL,BYTE PTR ES:[BX]
MOV BYTE PTR ES:[BX+160],AL
Hilang:           
MOV BYTE PTR ES:[BX],' '
Delay
ADD BX,160
LOOP Loop2

Bagian inilah yang akan menggeser tulisan pada layar. Register BX ditambah dengan 160 untuk mengakses baris dibawahnya.
POP CX
POP BX
POP AX
ENDM

Pada akhir macro, kembalikanlah semua register yang telah disimpan pada awal macro. Ingat urutannya harus terbalik. Pada program utama:
.MODEL
.CODE
ORG 100h
TData : JMP Proses
PosY DB ?

Pertama-tama siapkanlah sebuah variabel untuk menampung posisi dari baris yang sedang diakses.
Proses:
MOV AX,0B800h
MOV ES,AX
MOV BX,3998
MOV CX,25

Register ES, kita gunakan sebagai penunjuk segment layar, yaitu pada segment B800h. Register BX yang nantinya akan kita gunakan sebagai penunjuk offset dari ES diberi nilai 3998. Dengan demikian pasangan ES:BP akan menunjuk pada karakter dipojok kanan bawah atau posisi 79,24.
UlangY :
MOV PosY,CL
PUSH CX
MOV CX,80
UlangX :
CMP BYTE PTR ES:[BX],33
JB Tdk
Geser PosY
Tdk :   
SUB BX,2
LOOP UlangX
POP CX
LOOP UlangY
EXIT:
INT 20h
END TData 

          Kemudian lakukanlah proses dengan melihat apakah ada karakter atau tidak. Hal ini dapat dilakukan dengan membandingkannya dengan kode ASCII 33, bila data pada buffer layar dibawah ASCII 33 artinya tidak ada karakter pada layar.
Jika ada karakter pada layar maka proses geser dilakukan, sebaliknya jika tidak ada karakter proses akan menuju pada posisi selanjutnya dan melakukan hal yang sama.

RONTOK KEBAWAH
Untuk membuat program rontok tersebut berikut ini adalah langkah-langkahnya:
1.Buka TASM 1.4 , kemudian ketikan
   cd\  (enter)
   cd 1ca\asm (enter)
2.Tambahkan  edit.
   Edit (enter)
3.Muncul tampilan layar berwarna biru,
 kemudian ketikanlah
Delay MACRO
PUSH CX
XOR CX,CX
Loop1:                
  LOOP Loop1 
  POP CX
  ENDM
Geser MACRO PosY
PUSH AX
PUSH BX
PUSH CX
XOR CX,CX
MOV AL,26
SUB AL,PosY
MOV CL,AL
Loop2:
MOV AL,BYTE PTR ES:[BX] 
MOV BYTE PTR ES:[BX+160],AL
Hilang:
MOV BYTE PTR ES:[BX],' ' 
Delay
ADD BX,160 
LOOP Loop2
POP CX
POP BX
POP AX
ENDM

.MODEL SMALL
.CODE         
ORG 100h
TData : JMP Proses
PosY DB ?
Proses:           
MOV AX,0B800h
MOV ES,AX
MOV BX,3998
MOV CX,25
UlangY :
MOV PosY,CL
PUSH CX
MOV CX,80
UlangX :
CMP BYTE PTR ES:[BX],33
JB Tdk
Geser PosY
Tdk :
SUB BX,2
   LOOP UlangX
POP CX
LOOP UlangY 
EXIT:
INT 20h
END    TData 
4.simpan ketikan tersebut dengan program .ASM, Saya menyimpannya dengan nama rontok.asm.
5.Kemudian jalankan program tersebut dengan Tasm pada layar berwarna hitam.
    Tasm rontok.asm(enter)


    Tlink/t rontok(enter)
    Rontok(enter)

Bila program tersebut dijalankan, maka semua huruf pada layar akan dirontokkan satu persatu sampai habis.


RONTOK KEATAS
6.Selanjutnya kita akan membuat program rontok ke atas.
   Berikut contoh programnya,

Delay MACRO
PUSH CX
XOR CX,CX
Loop1:                
  LOOP Loop1 
  POP CX
  ENDM
Geser MACRO PosY
PUSH AX
PUSH BX
PUSH CX
XOR CX,CX
MOV AL,100
SUB AL,PosY
MOV CL,AL
Loop2:
MOV AL,BYTE PTR ES:[BX] 
MOV BYTE PTR ES:[BX-160],AL
Hilang:
MOV BYTE PTR ES:[BX],' ' 
Delay
ADD BX,160 
LOOP Loop2
POP CX
POP BX
POP AX
ENDM

.MODEL SMALL
.CODE         
ORG 100h
TData : JMP Proses
PosY DB ?
Proses:           
MOV AX,0B800h
MOV ES,AX
MOV BX,3998
MOV CX,25
UlangY :
MOV PosY,CL
PUSH CX
MOV CX,80
UlangX :
CMP BYTE PTR ES:[BX],33
JB Tdk
Geser PosY
Tdk :
SUB BX,2
   LOOP UlangX
POP CX
LOOP UlangY 
EXIT:
INT 20h
END    TData 



7.Selanjutnya jalankan program tersebut, setelah program jalanka maka hasilnya akan seperti berikut ini.

Bila program tersebut dijalankan, maka semua huruf pada layar akan dirontokkan satu persatu sampai habis.


RONTOK KEKANAN

8..Selanjutnya kita akan membuat program rontok kekanan.
contoh programnya sama saja seperti rontok ke atas yang diubah hanya lah diganti
BX+160 diganti dengan BX+20
 ADD BX nya dibuang


9.Simpan ketikan dengan program .asm lalu jalankan program tersebut dengan tasm dan cetak dengan Tlink.
9.Setelah program dijalankan maka hasilnya akan rontok kekanan.


RONTOK KEKIRI

10.Kemudian kita akan membuat program rontok ke kiri.
contoh program yang digunakan sama saja seperti membuat program rontok kekanan.
hanya saja yang diubah adalah BX+20 diganti dengan BX-20, dan tambahkan ADD BX,20.


11.Simpan ketikan tersebut dengan nama sesuai dengan keinginan kita dengan program .asm. Saya menyimpannya dengan nama kiri.asm.
12.kemudian jalankan program tersebut dengan Tasm dan cetak dengan Tlink.
     setelah program dijalankan maka hasilnya akan seperti berikut.

Bila program tersebut dijalankan, maka semua huruf pada layar akan dirontokkan satu persatu sampai habis.

Selesai..................  !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
                               
DOWNLOAD

Tidak ada komentar: